Tujuan penyelaman Nusa Penida

Nusa Penida adalah pulau yang lebih besar yang terletak di sebelah barat daya Bali. Dari resort kami dibutuhkan waktu  sekitar 75 menit berkendara dengan mobil untuk sampai ke Padang Bai. Dari sana, kita akan berkendara menggunakan kapal yang memakan waktu kurang lebih 40 menit agar sampai ke tempat tujuan kita di Nusa Penida. Terdapat 2 pulau lainnya yang bersebelahan dengan nusa penida,kedua pulau tersebut adalah Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan. Ketiga pulau tersebut sangat jarang penduduknya namun beberapa tahun terakhir beberapa resort dibuka di Nusa Lembongan.

Pulau ini terletak di Selat Lombok, sebuah selat yang menghubungkan Samudera Hindia di Selatan dengan Laut Jawa di Utara. Samudera Hindia, yang terkadang mempunyai gelombang yang besar, telah membentuk pemandangan yang menakjubkan di pesisir selatan pulau ini. Pemandangan yang menakjubkan terdiri dari tebing yang megah dan kepulauan yang membuat kita penasaran. Pantai di bagaian utara ini terlihat sedikit berbeda dengan pantai lainnya namun tetap menjadi pantai yang indah dan sejuk. Banyak tempat menyelam yang menakjubkan terletak di sekitar Nusa Penida. Lokasi selam ini terkenal dengan arus mereka yang kuat. Namun tetap menawarkan beberapa tempat penyelaman terbaik di Bali dan yang paling menakjubkan adalah keragaman karang yang sehat dan luar biasa, spesies ikan tropis yang menarik dan kehidupan laut yang mempesona lainnya. Manta rays menyukai daerah ini dan terutama di musim yang tinggi (antara bulan Agustus dan Oktober) ocean sun fish (mola-mola) laut sering terlihat di banyak tempat menyelam di sini.


Lokasi tempat penyelaman di Nusa Penida di Bali


Manta Point

Mantas, Mantas, Mantas

Manta Point

Manta Point, adalah tempat menyelam yang mengagumkan dan terkenal di dunia untuk manta rays-nya, terletak di pantai selatan Nusa Penida. Untuk bisa sampai di sini membutuhkan beberapa waktu yang agak lama tapi sangat sepadan dengan hasil yang didapat. Setelah sekitar 75 menit berkendara dengan mobil kita akan tiba di Padang Bai, sebuah desa nelayan kecil. Dari sini dibutuhkan lagi waktu sekitar 50 menit berkendara dengan kapal agar kita bisa sampai di tempat tujuan. Perjalanan menuju manta point sendiri sangat indah dan membuat mata kita selalu terbuka. Misalnya, kita akan melewati sawah hijau subur di Tirta Gannga dan melihat keindahan tebing kapur megah di pantai selatan Nusa Penida. Gelombang spektakuler dan arus kuat menawarkan tontonan alam yang tak terlupakan dan menunjukkan betapa kuatnya kekuatan alam. Biasanya, penyelaman disini tidak terlalu menantang karena arus kuat agak jarang terjadi di tempat penyelaman ini. Namun, untuk memulai penyelaman ketika masuk ke perairan bisa jadi sedikit  sulit karena ombak besar. Terkadang temperature air disini bisa sedikit dingin dan jarak pandang yang buruk kemungkinan bisa terjadi. Sepanjang tahun manta ray bisa ditemukan di area ini, mereka menyukai perairan disini karena banyak terdapat ikan-ikan kecil. Tujuan menyelam  kita adalah batu kecil dimana kita menemukan stasiun pembersihan untuk manta yang sangat mempesona.

Manta dekat

Kita bisa mendapatkan spot yang bagus dan  luar biasa di stasiun pembersihan ini sehingga dapat memberi kesempatan bagus untuk kita bisa menemukan dan mengamati makhluk-makhluk indah ini dari jarak dekat. Di atas bebatuan itu, banyak “wrasses” pembersih kecil yang tak terhitung jumlahnya sedang membersihkan manta rays yang besar dengan memakan parasit yang menutupi tubuh besar mereka. Manta rays biasanya mendekati bebatuan, melayang di atasnya dalam waktu yang singkat sementara ikan-ikan kecil membersihkan tubuhnya sebelum menghilang lagi ke laut biru yang luas. Seringkali, mereka akan kembali mengulangi prosedur yang sama. Manta rays merasa aman di area ini dan tidak merasa terancam oleh para penyelam terasa sehingga mereka tidak malu untuk menampakkan diri mereka diantara para penyelam. Mereka akan melewati penyelam dengan sangat dekat jika kita berada di tempat yang benar. Pengalaman yang benar-benar menakjubkan dan ajaib!

Beruntung, kesempatan kesempatan untuk melihat manta rays disni sangat besar. Selain makhluk elegan ini, situs penyelaman ini memiliki dasar yang sangat berbatu dan terdapat berbagai jenis karang yang berbeda. Manta Point adalah rumah bagi semua jenis spesies ikan tropis asli dan kita akan sering melihat hiu bambu tersembunyi di antara bebatuan. Banyak ikan pari juga mengisi tambalan berpasir di teluk ini namun Anda juga bisa menemukan makro yang hebat di daerah ini. Kami bahkan menemukan seekor gurita berkepala biru di sini!

Crystal Bay

Sekawanan ikan kupu-kupu panda

Crystal Bay

Crystal Bay adalah salah satu teluk yang sangat  indah di Nusa Penida. Teluk ini terletak di pantai barat pulau dan ditandai dengan sebuah pulau kecil di lepas pantai nusa penida. Dari desa nelayan Padang Bai dibutuhkan waktu 30 menit berkendara menggunakan kapal cepat dengan pemandangan yang sangat indah menuju ke teluk. Setelah kita menyelesaikan penyelaman yang menakjubkan di Manta Point, Crystal Bay biasanya merupakan tempat menyelam kedua kami. Terletak di antara pulau Nusa Penida dan Lembongan. Arus yang kecil sampai arus kuat sering terjadi di sini namun dapat dengan mudah terlihat dari permukaan. Kita akan memulai penyelaman dengan entry dari kapal dan turun sampai kedalaman 15 meter. Jarak pandang di teluk ini biasanya sangat bagus dan terumbu karang yang indah tumbuh berkembang disini dan kita bisa melihatnya hanya dengan kedalaman 5 meter. Di sepanjang pantai pulau kita melakukan penyelaman mengikuti terumbu karang menuju perairan terbuka. Temperature air dingin kadang bisa kita rasakan dan ini disebabkan karena dorongan dari kedalam air sehingga menyebabkan Thermoclines dengan suhu air bisa turun hingga 22 derajat celcius.

Unicornfish

Namun, dari dari bulan Agustus sampai Oktober, kita memiliki kesempatan untuk mengamati banyak ocean sun fish yang sedang dibersihkan badannya oleh “wrasses” diatas terumbu karang. Di daerah ini arus kuat bisa terjadi dan kita harus sangat berhati-hati dalam situasi ini. Jika kondisinya tampak terlalu sukar untuk melakukan penyelaman kita akan berbalik kembali ke teluk. Antara kedalaman 5 sampai 10 meter, teluk ini memiliki terumbu yang sangat indah. Jarak pandang yang bagus membuat terumbu karang disini terlihat seperti akuarium yang berwarna-warni. Pada penyelaman di sini kita bertemu dengan ikan batu (stone fish), ular laut, berbagai spesies nudibranch dan bahkan gurita. Tempat menyelam ini sangat cocok untuk penyelam berpengalaman. Kondisi perairan disni memaksa penyelam yang tidak berpengalaman untuk tidak ikut dalam penyelaman. Tetapi dapat merekomendasikan bagi para penyelam yang kurang berpengalaman untuk melakukan snorkeling disini karna perairan disini sangat indah dan dapat juga dinikmati dengan snorkeling. Jika kondisi perairan sedang buruk, menyelam disni ini bisa menjadi sebuah tantangan bagi penyelam dan terkadang menyebabkan penyelaman disini menjadi kurang menyenangkan. Karena itu, kami akan memilih lokasi penyelaman alternatif untuk memastikan Anda memiliki pengalaman menyelam yang luar biasa dan tak terlupakan.

SD

Drift diving di SD

SD

Situs menyelam SD terletak di selatan Nusa Penida. Perjalanan dari Padang Bai ke sini memakan waktu sekitar 30 menit dengan speed boat. “SD” adalah singkatan dari Sekolah Dasar. Diakui, nama ini tidak begitu spektakuler untuk tempat menyelam. Karena itu, kami lebih suka menggunakan nama yang bagi kami lebih cocok yaitu “strong drift”. Arus yang kuat sering terjadi di sini sehingga memberikan kita kesempatan untuk melakukan penyelaman drift spektakuler sepanjang garis pantai sejauh tujuh kilometer. Pada awalnya, kita akan perlahan-lahan turun sampai kedalaman kira-kira 15 meter. Kondisi perairan disini akan menentukan arah kemana kita akan memulai penyelaman. Kita akan menyelam mengikuti arus dan dengan cepat kita akan mencapai kedalaman 30 meter. Dalam kondisi normal jarak pandang disini sangat bagus. SD adalah lokasi yang bagus untuk mengamati ikan mola-mola dan kami tidak pernah melepas pandangan kami mencoba untuk menemukan lagi beberapa ikan mola-mola. Saat mencapai daerah dangkal, terumbu karang menjadi lebih menarik, Terutama berbagai jenis karang. Menyelam diatas permukaan  terumbu karang, kita bisa melihat ribuan ikan kecil mencari tempat berlindung dari pemangsa di antara karang.

Kerapu kecil

Keadaan arus disini memberikan sensasi yang berbeda pada penyelaman kita, kita akan berasa seperti melayang di udara. Tidak jarang kami sering melihat kura-kura dan terkadang hiu karang. Dalam kondisi ideal, penyelaman drift hingga empat kilometer dimungkinkan. Meskipun berpotensi terdapat arus yang besar, tempat penyelaman ini juga menawarkan kondisi bagus bagi para penyelam yang kurang berpengalaman dengan penyelaman “drift”  yang tertarik untuk mencoba menyelam dengan arus laut.