Tujuan penyelaman Candi Dasa

Candi Dasa adalah sebuah desa kecil yang kita jangkau  sekitar satu jam perjalanan dari Tulamben menuju ke arah Denpasar. Terletak di bibir pantai dan sekarang telah disesuaikan dengan pariwisata di Bali dan Anda dapat menemukan beberapa resort dan restoran di sini.

Candi Dasa adalah sebuah desa kecil yang kita jangkau setelah sekitar satu jam perjalanan dari Tulamben ke arah Denpasar. Terletak langsung di laut dan memiliki beberapa daerah pantai kecil. Sekarang telah disesuaikan dengan pariwisata di Bali dan Anda akan menemukan beberapa resor dan restoran di sini.

Pulau-pulau kecil di depan Candi Dasa membuat kawasan ini menarik bagi para penyelam. Pulau-pulau yang terletak di Jalan Lombock dan menawarkan penyelaman salah satu tempat menyelam terbaik dari Bali dengan banyak Ikan dan karang sehat. Sorotan seperti dinding, ngarai dan gua membuat situs ini istimewa. Kondisi khusus berlaku pada bulan September, Oktober dan November di kepulauan dan air dingin dari laut dalam mendorong ke permukaan. Air dingin ini meningkatkan kesempatan untuk melihat salah satu Ikan Sun Sun misterius yang mencintai jika airnya lebih dingin. Penyuka biota makro biasanya akan terpuaskan oleh tempat bernama Dermaga yang merupakan salah satu tempat menyelam makro favorit kami dari Bali.


Lokasi tempat penyelaman di Candi Dasa di Bali


Tepekong

Sunfish di Gili Tepekong

Tepekong

Gili Tepekong adalah pulau terbesar di candidasa yang bisa kita jangkau dengan perahu dari Candi Dasa. Tur menggunakan kapal ini membutuhkan waktu  setidaknya 15 menit. Dengan teknik “back roll entry” kita akan memulai penyelaman. Pulau ini cukup besar sehingga kita bisa melakukan penyelaman dari berbagai tempat masuk dan melakukan tour wisata bawah laut. Rencana penyelamannya bergantung pada arus dan tidak menutup kemungkinan terdapat arus yang besar disekitar pulau. Biasanya kita mulai menyelam di sisi timur atau barat pulau. Kedua sisi ini menawarkan pemandangan pertumbuhan karang yang sehat dan banyak ikan tropis. Terdapat big coral block dan formasi batuan yang bisa anda nikmati pemandangannya.

Laced Moray di bawah barrel sponge

Habitat khas dari riff tropis seperti angelfish, fusiliers atau soldier fishes dapat ditemukan di sini dan juga gurita atau sepia. Tepekong terkenal dengan penampakan Ocean Sun Fish atau biasa disebut mola-mola terutama antara bulan Juli dan Oktober adalah kesempatan untuk melihat salah satu makhluk menakjubkan di sekitar pulau ini. Awalnya, kita selalu berusaha untuk menyelam ke arah selatan pulau. Di sana kita bisa menemukan beberapa highlight topografi seperti “wall”, ngarai dan terowongan kecil yang bisa kita lewati dalam kondisi baik tetapi hanya bagi para penyelam yang sangat berpengalaman. Kondisi terumbu karang yang baik membuat ikan-ikan senang berada di area ini.

 

Mimpang

Ikan badut di anemon mereka

Mimpang

Tiga pulau kecil menandai titik yang disebut Mimpang di pelabuhan Amuk Candidasa. Pulau kecil ini terletak di jalan menuju Gili Tepekong dan kita sampai sekitar  10 menit dengan kapal kayu tradisional. Dari permukaan Anda dapat melihat bahwa daerah itu tidak dalam dibandingkan dengan “jalan Lombok” (perairan yang memisahkan antara perairan bali dan Lombok). Kita akan memulai penyelaman dengan turun turun sampai 20 meter di sisi pulau yang menghadap ke Bali. Lalu kita akan terus turun di dasar berpasir dengan pertumbuhan karang yang tidak begitu banyak hingga kedalaman yang direncanakan.

Sunfish di Mimpang

Daerah ini memberi kita kesempatan besar untuk melihat salah satu  “Ocean Sun Fish” yang menakjubkan terutama di musim dingin antara bulan Juli dan Oktober. Hiu karang juga sering terlihat di area ini. Setelah daerah dasar berpasir, kita sampai di terumbu karang di luar pulau yang ditutupi dengan pertumbuhan karang yang sehat dan berbagai jenis ikan tropis. Terumbu karang perlahan-lahan berubah menjadi dinding hingga mencapai kedalaman 50 meter. Dalam kondisi yang baik kita bisa melewati tembok untuk menyelesaikan penyelaman antar pulau. Disini kita bisa menjelajahi beberapa coral block yang besar dengan ketinggian 4 meter sampai 5 meter. Pertumbuhan big table coral disini sangat sehat dan menjadikan tempat ini sebagai tempat persembunyian bagi ikan hiu. Jika beruntung kita akan melihat kura-kura melintas di depan kita, dan membuat kita merasa seperti menyelam di akuarium yang besar. Tempat ini tidak cocok untuk pemula karena kemungkinan terdapat arus yang kuat dan membutuhkan pengalaman menyelam.

Biaha

Ikan hui di gua

Gili Biaha

Kita akan tiba di Gili Biaha setelah 20 menit perjalanan dengan kapal dari Candi Dasa. Pulau kecil ini terlihat seperti pisang jika Anda melihatnya dari atas. Tantangan pertama bagi penyelam adalah ketika masuk ke air untuk memulai penyelaman. Tidak jarang terdapat Gelombang besar dan drift yang kuat jadi dibutuhkan rencana menyelam yang bagus sejak awal sampai akhir. Terdapat Sebuah dinding (wall) sampai kedalaman 40 Meter dimulai langsung di perairan dangkal di bagian dalam pulau. Jika ada gerakan yang kuat dari laut, Anda masih bisa merasakan pergerakan ombak hingga sampai kedalaman 40 Meter. Dindingnya yang indah terselubung dengan karang dan Retooth Triggerfish akan mengantarkan Anda menyelam secara keseluruhan. Kita juga bisa menemukan jenis nudebrunche khusus di dinding yang akan menarik perhatian Anda karena warna mereka yang sangat menarik. Jika Anda benar-benar beruntung, Anda bisa melihat ocean sun fish yang terkenal. Bila ada arus yang kuat, Anda harus berhati-hati terdapat jarak pandangan anda di sudut-sudut pulau karena kemungkinan terdapat pusaran yang kuat. Di tengah teluk ini terdapat sebuah  gua.

Angelfish di Gili Biah

Pintu masuknya sangat besar dan terletak di antara kedalaman 6 dan 15 meter. Jalan menuju goa ini bisa sangat sulit jika terdapat arus yang kuat. Di dalamnya Anda tidak akan merasakan adanya gerakan air. Tapi Anda akan merasakan perbedaan tekanan. Jika Anda memiliki masalah dengan telinga ketika Anda baru memulai penyelaman sebaiknya anda tidak memasuki gua. Di dalam gua tersebut sering ditemukan Whitetip Reefsharks, yang sedang beristirahat. Anda tidak perlu khawatir di sini karena tidak masalah jika anda ingin mendekati hewan-hewan fantastis ini tanpa menakut-nakuti mereka. Anda juga bisa melihat pemandangan menakjubkan dari gua ke laut biru. Dataran tinggi dengan pertumbuhan karang yang sangat indah antara 8 meter dan kedalaman 14 meter merupakan area yang sempurna untuk menyelesaikan penyelaman. Di sini Anda selalu merasakan gelombang ombak jadi sangat dibituhkan  kemampuan daya apung yang baik dari para penyelam karena gerakan air membuat kita bolak-balik dan kehilangan keseimbangan. Gili  Biaha adalah salah satu tempat menyelam favorit kami di Bali namun membutuhkan pengalaman yang hebat dan tempat ini tidak cocok untuk pemula.

Jetty

Ikan kodok oranye di Jetty

Jetty

Jembatan besar yang tidak terpakai yang dekat dengan Padang Bay menawarkan tempat menyelam makro yang merupakan salah satu tempat terbaik di Bali. Kita akan sampai di tempat ini dengan naik perahu sekitar 20 menit dari Candi Dasa.

Penyelaman disini akan terfokus dengan area di bawah jembatan. Semua dermaga jembatan indah ditutupi dengan karang dan menawarkan banyak ikan tropis. Tanahnya berpasir dan ada banyak sampah seperti ban bekas yang berfungsi sebagai tempat berteduh bagi banyak makhluk bawah laut. Angelfishes, Flying Gurnard, Scorpion Fishes, Ghostpipes, Mimics, Sepias, Rhinopias dan masih banyak lagi yang bisa ditemukan di sini. Sorotan lainnya adalah gerombolan makarel yang melintasi dermaga.

Pertumbuhan karang di dermaga jembatan

Idealnya kita mulai menyelam di ujung jembatan di kedalaman 18 meter. Batu dapat ditemukan di samping jembatan dan gurita besar sering bersembunyi di sini. Perlahan kita menyelam dari dermaga ke dermaga sementara kita mencari critters di seluruh area. Kedalaman dangkal menjamin penyelaman yang lama yang tidak pernah membosankan. Terutama fotografer akan puas menyelam di sini. Bagian bawah berpasir memberi cukup ruang untuk mengambil posisi sempurna untuk menghasilan hasil foto yang bagus. Bahkan pemula pun akan senang di tempat ini dan akan kaget dengan keanekaragaman hayati tempat ini.