Situs menyelam terbaik di Amed, Bali

Amed terletak di pantai timur Bali dan merupakan lokasi yang bagus untuk menyelam yang spektakuler. Dari Tulamben, dibutuhkan perjalanan singkat untuk mencapai Amed dengan tempat menyelam terdekat yang berjarak hanya 20 menit. Amed memiliki jalan sepanjang 30 kilometer yang menghubungkan timur Bali ke ibukota kabupaten Amplapura. Dibandingkan dengan tujuan wisata utama di Selatan daerah ini nampak sangat tradisional. Amed memiliki pantai yang menakjubkan, tebing yang indah dengan pemandangan yang tak terlupakan dan tempat menyelam yang beragam. Dunia bawah laut mencakup lereng curam yang megah, taman karang, terumbu buatan dan tempat untuk melihat makro (biota yang berukuran kecil). Beberapa tempat menyelam yang terpilih sangat sempurna untuk drift dive( berenang mengikuti arus) sementara tempat lainya berupa teluk yang tenang. Oleh karena itu, Amed menawarkan penyelam untuk semua tingkat pengalaman menyelam yang menakjubkan dan tak terlupakan.


Lokasi tempat penyelaman di Amed di Bali


Gili Selang

Koral di Gili Selang BaliGili Selang di Amed, Bali

Gili Selang adalah sebuah pulau kecil yang terletak persis di depan pantai Bali dan menandai titik paling timur pulau ini. Setelah menempuh jarak 40 menit dengan mobil dan 20 menit dengan kapal kecil kita akan sampai di lokasi penyelaman. Perjalanan menyusuri jalan pesisir dari Amed merupakan pengalaman tersendiri dengan perpaduan unik dari alam bali yang menakjubkan, pantainya yang indah, tebing dan pemandangan yang sangat mengagumkan.

Kita akan mulai menyelam dan memasuki perairan laut melalui kapal, dekat dengan pulau tempat kita terlindung dari arus. Dari permukaan Anda sudah bisa melihat vegetasi karang padat. Dan ini baru permulaan. Kita perlahan akan mulai turun sampai kedalaman delapan meter, menyelam dari pulau kecil menuju teluk. Dikelilingi oleh berbagai spesies karang , kita akan tetap berada di kedalaman dangkal ini. Dengan sedikit keberuntungan, kita akan menemukan hiu karang yang mempesona yang berada di antara blok karang. Bahkan terkadang kura-kura berenang disekitar kita. Sesekali ketika menyelam kita akan sampai di lapangan karang yang luas. terdapat jenis karang staghorn yang mencakup area yang luas dan memberi jutaan perlindungan bagi ikan kecil dari musuh alami. Sinar matahari yang menerangi karang dalam bentuk pelangi dengan berbagai warna menciptakan pengalaman menyelam yang tak terlupakan. Dengan daya apung yang bagus, kita bisa meluncur di atas hamparan karang berwarna-warni ini dan menikmati pemandangan yang unik.

Nude di Amed Bali

Dalam kondisi baik kita bisa mengikuti arus cahaya dan akan mencapai area pasir yang luas yang berada dibelakang terumbu karang. Di sini kita sering menyelam sedikit lebih dalam mencari kuda laut kerdil di antara penggemar laut Gorgonian merah dan kuning. Penyelaman kedua sama menakjubkannya dengan yang pertama. Oleh karena itu kita akan mengakhiri penyelaman di sisi lain teluk. Disini kapal akan menunggu untuk menjemput kita. Kedalaman dangkal di sini memungkinkan untuk durasi menyelam yang lebih lama. area penyelaman disini menyediakan kondisi yang bagus dan cocok untuk setiap tingkat pengalaman menyelam. Terumbu karang sangat menakjubkan, dan menurut kami, tempat ini merupakan salah satu area menyelam terbaik di Bali.

Japanese Wreck

Japanese Wreck Bali Amed

Japanese Wreck

Area menyelam disini dinamai dari sebuah kapal kecil yang tenggelam di perairan dangkal saat badai. Setelah 40 menit naik mobil dari resort  kita akan sampai pada area penyelaman japanesse wreck. Kita akan masuk ke dalam perairan dari pantai yang sedikit menantang karena beberapa batu yang lebih besar dari pada di tulamben.

Kita akan turun ke dalam bangkai kapal tapi tidak akan fokus pada hal itu dulu. Sebagai gantinya kita menyelam menuju terumbu karang yang menakjubkan. Di sini kita akan menemukan tebing yang ditutupi oleh penggemar laut Gorgonian yang cantik dengan pelangi dalam berbagai warna. Banyak laras spon tumbuh di daerah ini. Tebing ditutupi dengan karang yang menakjubkan hingga kedalaman 40 meter. Di sini kita sering dapat menemukan berbagai spesies nudibranch, ikan kalajengking dan kura-kura.

Leaf Scorpion Fish Bali Amed

Dalam perjalanan kembali ke pantai kita akan berhenti di bangkai kapal. Terletak di kedalaman dangkal antara delapan dan tiga meter. Meskipun bangkai kapal itu keadaannya tidak begitu sempurna, ia menampakkan dirinya  diantara karang yang menakjubkan. Ukuran bangkai kapal yang kecil dan konsumsi udara yang rendah di perairan dangkal ini memungkinkan kita menjelajahi seluruh bangkai kapal dengan ikan kelelawar remaja yang mengawasi kita dengan rasa ingin tahu. Spesies mempesona lainnya seperti ikan daun dengan warna berbeda, nudibranch berwarna-warni, frogfish dan ghostpipefish dapat ditemukan di dalam dan dekat dengan bangkai kapal.

Arus bisa terjadi, apalagi di dekat tebing, dan bisa membuat penyelaman di daerah ini lebih menantang. Namun, bangkai kapal biasanya terlindung dari arus. Oleh karena itu situs selam ini cocok untuk setiap tingkat pengalaman menyelam. Karena bangkai kapal ini berada dalam kedalaman dangkal, situs ini juga menawarkan kondisi sempurna bagi perenang snorkel.

Jemeluk

 

Pyramids di Jemeluk Amed, Bali

Jemeluk di Amed, Bali

Jemeluk adalah teluk kecil dengan pantai pasir hitam yang indah. Satu sisi teluk terhubung oleh tebing yang menawarkan pemandangan Jemeluk yang menakjubkan. Jika ada cukup waktu Anda pasti harus tetap berjaga menyaksikan matahari terbenam yang kerap mendongkrak  tontonan alam yang unik. Kami akan sampai di tempat penyelaman ini setelah naik mobil 20 menit dari resort. Teluk ini juga menawarkan tiga kemungkinan pilihan menyelam. Tempat menyelam pertama bisa diakses dengan perahu kecil khas Bali bernama Jukung. Terletak di sebelah kiri teluk di kedalaman antara dua belas dan 30 meter batu piramida batu yang tak terhitung jumlahnya dapat ditemukan. Terumbu buatan ini ditutupi dengan berbagai spesies karang yang berbeda yang tumbuh di sana dari waktu ke waktu dan menawarkan tempat berlindung untuk semua jenis ikan tropis. Seringkali kita menghadapi arus ringan yang nyaman menuju teluk. Kami akan menyelam dari piramida ke piramida, menjelajahi dunia bawah laut yang menakjubkan. Area pasir situs menyelam memberikan kondisi sempurna bagi fotografer. Di akhir penyelaman kita bisa menikmati pertumbuhan karang sehatnya.

Perahu kayu tradisional di Bali untuk menyelam

 Situs penyelaman kedua memiliki tebing dengan populasi karang lain yang mengejutkan. Berbagai penggemar laut Gorgonian berwarna mengundang kami untuk mencari kuda laut kerdil (pigmy sea horses). Tebing mencapai kedalaman maksimum 45 meter dan sering terdapat arus. Karena itu, kita selalu punya kapal menunggu kita disini. Di kedua tempat menyelam kami secara teratur menemukan kura-kura laut dan hiu karang. Namun, banyak pertemuan spesial lainnya dimungkinkan di sini. Kita bisa bertemu ikan kodok, kuda laut kerdil, belut moray besar dan Napoleon Wrasses.

Situs menyelam nomor tiga adalah dive shore dan memiliki area pasir yang luas di satu sisi, dengan banyak terumbu buatan yang berbentuk seperti batu piramida dan tumpukan ban. Biasanya tidak ada arus di dalam teluk yang menyediakan fotografer dengan kondisi ideal untuk hobi mereka. Dengan kecepatan yang stabil memungkin kita untuk menjelajahi terumbu buatan dengan berbagai siput laut, ikan kodok dan ghostpipefish. Di daerah ber pasirnya juga terdapat  stonefish (ikan batu) yang sangat lihat menyamarkan diri di pasir menunggu umpan. Sisi lain teluk ditutupi campuran karang berbeda yang menjangkau daerah dangkal. Kita bisa mengagumi dunia bawah laut yang mempesona ini bahkan di kedalaman dangkal satu meter. Selain itu, hampir tidak ada arus yang terjadi di situs selam ini sehingga sangat ideal bagi penyelam berpengalaman dan perenang snorkel

.